SMP Negeri 4 Malang

Jalan Veteran 37 Kota Malang

Terwujudnya lulusan yang unggul dalam IPTEKS, berprestasi, berakhlak mulia, dan berwawasan lingkungan

VISITASI PENILAIAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) OLEH PENILAI

Rabu, 28 Agustus 2019 ~ Oleh Heni Purwanto ~ Dilihat 1962 Kali

Selama kurun waktu 1 minggu di bulan Agustus 2019 ini sebanyak 106 sekolah menengah pertama (SMP) se-Kota Malang disibukan dengan kegiatan menyiapkan data-data portofolio segala kegiatan yang ada di masing-masing sekolahan. Hal tersebut dilakukan sebagai gelaran lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dalam penguatan pendidikan karakter (PPK) di masing-masing sekolah menengah pertama di kota Malang.

Sama seperti sekolah lainnya, SMP negeri 4 Malang juga menjadi salah satu peserta di lomba tersebut. Semua elemen yang ada di sekolah saling mengumpulkan dan menyiapkan data-data yang diminta oleh panitia lomba. Selama kurun waktu 1 minggu tersebut SMP Negeri 4 Berhasil menyelesaikan pengumpulan data portofilo tersebut hingga setebal 24,8 cm.

Setelah proses pengumpulan portofolio PPK, akhirnya Dinas Pendidikan Kota Malang mengumumkan hasil dari pengumpulan portofolio PPK tersebut. 106 Peserta yang terdaftar hanya 81 sekolah yang berhasil menyelesaikan/mengumpulkan portofolio, dan hanya akan diambil sebanyak 15 peserta yang lolos untuk tahapan selanjutnya. SMP Negeri 4 Malang berhasil masuk 15 besar peserta yang lolos portofolio dan berada di posisi ke-8.

Sebagai tindak lanjut peserta yang lolos portofolio PPK,maka tim penilai lomba PPK 2019 akan melakukan visitasi ke masing-masing sekolah yang lolos portofolio.
Senin pagi Tim Penilai dari Dinas Pendidikan Kota Malang yang terdiri dari 5 orang penilai melakukan visitasi ke SMP Negeri 4 Malang untuk melakukan penilaian dari protofolio yang sudah diselesaikan oleh SMP negeri 4 Malang.

Tim penilai disambut di ruang kepala SMP Negeri 4 Malang oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Pancayani Dinihari,M.Pd bersama para staff, kemudian dari pihak sekolah memaparkan mengenai apa yang sudah dikerjakan sebelumnya. Setelah pemaparan dilanjutkan dengan melakukan penilaian, penilain dilakukan dengan mengecek proses pembelajaran di kelas dan pengecekan data-data.

Hampir selama 1,5 jam akhirnya tim penilai menyelesaikan penilainnya di SMP Negeri 4 Malang, dan melakukan visitasi ke sekolah lainnya.

Dengan adanya lomba PPK ini, SMP negeri 4 berharap mendapatkan hasil yang terbaik dari 15 sekolah yang berhasil lolos portofolio.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT